Minggu, 27 Juli 2014

Logaritma SMA (1)

Mendengarnya saja nampaknya sudah ribet, kata siapa? Mudah kok logaritma, kalau kamu masih SMP dan tertarik belajar, bagus! Logaritma itu sebagai pengganti metode perpangkatan.

Misalnya 34 = 81. Maka dalam logaritma itu menjadi: 3log81 = 4.

Udah? Gitu doang? Iya. Tapi kita akan merogoh lebih dalam lagi tentang logaritma.

Kalau 4log64 kan mudah ya, hasilnya 3. Nah kalau 22 log 26? Apa harus kita hitung dulu pangkatnya? Gak usah! Kalau yang ada pangkatnya lebih gampang malahan! Langsung saja kalau angkanya sama hanya saja pangkatnya bisa: Hasilnya 6/2 (ditulisnya dalam pecahan sih, cuma disini saya kurang ngerti cara nulisnya, hehehe).

Jadi kalau ada pertanyaan lagi, 33log32? Ya 2/3! Gampang banget, kok? Ya memang. Pecahannya bisa disederhanakan lagi, misalnya 6/2 ya hasilnya 3.

Kalau soalnya ada akar 2 (simbolnya, saya gak ngerti juga cara bikinnya). Misalnya 4log(akar 2). Akar dua terlihat susah ya? Mudah saja. Akar 2 itu berapa? 2 1/2 kan? Nah dalam soal ini, 4 itu kan 22, jadi kan 22log21/2. Jawabannya? 1/2 / 2 kan? Disederhanakan? 1/4. Jadi.

Udah aja dulu untuk logaritmanya, nanti pusing. Kapan-kapan saya post lagi soal logaritma bagian ke dua. Selamat belajar!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar